Jangan Pernah Lelah Berbuat Baik

  • Post category:Renungan
  • Post published:September 22, 2020
You are currently viewing Jangan Pernah Lelah Berbuat Baik
Pembacaan Alkitab Galatia 6:9,10

Firman Tuhan pada saat  ini memiliki kaitan dengan kata-kata bijak berikut. “saat kita menanam padi, rumput ikut tumbuh, tapi saat kita menanam rumput tidak pernah tumbuh padi. Dalam melakukan kebaikan, kadang-kadang hal-hal buruk turut menyertai. Tapi saat melakukan keburukan, tidak akan pernah ada kebaikan muncul bersamanya”.

Memang benar kata-kata bijak diatas. Kita sudah berniat dan sudah melakukan perbuatan yang baik, tapi ada saja hal-hal yang buruk yang ikut menyertainya. Dalam pembacaan kita pada saat ini yang merupakan surat Paulus untuk jemaat di Galatia. Dimana Rasul Paulus mengingatkan kepada mereka, agar jemaat yang ada di Galatia itu tidak jemu-jemu (henti-henti) berbuat baik kepada semua orang, selagi kita masih memiliki kesempatan untuk berbuat baik.

Begitu pula dalam kehidupan kita sebagai orang Kristen. Marilah kita selalu berbuat baik kepada semua orang tanpa terkecuali. Dalam kita berbuat baik, biasanya ada hal-hal buruk yang turut menyertai yang itu membuat kita kesal, sakit hati, kecewa dan sampai juga dapat membuat kita bosan untuk berbuat baik. Tetapi firman Tuhan pada saat ini kembali mengingatkan kita, agar kita tidak terfokus dengan hal-hal buruk yang menimpa kita. Tetapi marilah kita lebih giat dan sungguh-sungguh melakukan kebaikan untuk sesama kita. Apapun kondisi dan keadaan kita atau apapun yang sedang kita alami sekarang,  marilah kita tetap untuk berbuat baik. Mungkin dalam kita berbuat baik adakalanya itu tidak diperhatikan atau diperhitungkan oleh orang lain. Tetapi percayalah bahwa Tuhan tetap tahu semua yang telah kita lakukan.

Untuk itu dalam renungan kita pada saat ini marilah kita saling berbuat baik antara satu dengan sesama kita yang lain. Dengan kita saling menguatkan, saling menopang dan saling mendukung serta membantu dalam bentuk apapun itu, selagi masih ada kesempatan untuk kita berbuat baik kepada sesama kita. Dalam kita menabur hari ini, kita juga tidak akan menuai hari ini. tetapi apapun yang kita tabur hari ini akan kita tuai di kemudian hari. Dan begitu pula, apapun yang kita lakukan sekarang, kita akan tuai di kemudian hari dan yang lebih istimewa adalah Tuhan memperhitungkan semua itu ….Amin

Leave a Reply