Kuasa Dan Kedaulatan Allah Dalam Kehidupan Kita

  • Post category:Renungan
  • Post published:October 28, 2020
You are currently viewing Kuasa Dan Kedaulatan Allah Dalam Kehidupan Kita
Pembacaan Alkitab Mazmur 135:5-7

Bila kita melihat langit, laut dam gunung maka seharusnya kita merasa kagum akan karya Allah yang tidak terkira. Mengagumi karya Allah melalui ciptaanNya adalah satu wujud syukur kita sebab Allah menjadikan segala sesuatu untuk keperluan dan kehidupan manusia. Allah itu maha besar, demikian yang dikatakan oleh pemazmur; ia meyakini apa yang ia percaya merupakan hal penting dalam kehidupannya. Imannya mendorongnya untuk mengakui bahwa tidak ada Tuhan seperti Allah yang ia yakini dan percayai.

Bagi pemazmur Tuhan adalah pribadi yang tidak tertandingi, kuasa dan kedaulatanNya adalah sesuatu yang tidak terbantahkan. Melalui nyanyian mazmur ini; pemazmur hendak menyampaikan kepada umat Allah; untuk mengingat bagaimana Allah menolong dan menyertai umat Israel di masa yang lampau. Nyanyian mazmur ini menunjukkan bahwa iman adalah keyakinan akan kuasa Allah yang dinyatakan bagi umatNya. Allah sanggup melakukan segala perkara, Ia bertindak sesuai dengan kehendakNya. Tidak ada yang dapat menyaingi Allah dalam perbuatan-perbuatan dahsyat. Pemazmur menyatakan bahwa dalam kedaulatanNya Allah melakukan segala kehendakNya di dalam ciptaanNya. Hal ini menunjukkan; bahwa Allah berkuasa atas segala ciptaanNya.

Bagian ini menjadi satu perenungan bagi kita; untuk senantiasa dapat menyadari bahwa Allah berkuasa dan Allah berdaulat dalam ciptaanNya. Oleh kuasaNya; Allah telah menciptakan bumi dengan segala isinya, dengan kuasaNya Allah memilih dan menyelamatkan umatNya, dengan kuasaNya Allah menghukum dunia karena pemberontakan dan ketidaktaatan, dengan kuasaNya Allah menjadikan kita anak-anakNya. Kuasa Allah bekerja untuk segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan; dalam rancanganNya Allah menunjukkan kuasaNya. Oleh sebab itu, dalam segala perkara dan keadaan, kita semestinya meyakini bahwa kehidupan kita berada dalam naungan kuasa Allah. dengan demikian kita tidak akan merasa bahwa Allah meninggalkan kita, kita akan selalu mempunyai kekuatan saat badai kehidupan ini melanda.

Dalam melakukan kehendakNya, Allah memperlihatkan bahwa sesungguhnya, ia adalah pribadi yang berdaulat. Hal ini berarti dalam segala tindakanNya; Allah tidak dapat terbantahkan; Ia selalu unggul dan menang dalam segala perbuatanNya. Merenungkan hal ini; maka kita akan menyadari, tentang segala sesuatu yang terjadi dalam dunia ini tidak lepas dari kedaulatan Allah. kedaulatan Allah mengingatkan kita; bahwa Allah bebas untuk melakukan segala sesuatu tanpa ada campur tangan pihak lain. Namun dalam hal ini jangan sampai kita keliru untuk memahaminya, sehingga kita memiliki kecenderungan untuk menyangkal Allah dan menjadi tidak percaya kepada Tuhan. kita percaya bahwa Allah berdaulat; maka ini menjadikan kita orang-orang yang senantiasa rendah hati dan menyerahkan segala sesuatu dalam rancangan Tuhan.

Kehidupan ini adalah anugerah Allah; dalam anugareh Allah terdapat kuasa dan kedaulatan Tuhan. hanya oleh kuasa dan kedaulatan Tuhan maka kita memperoleh segala kebaikan Allah. Dengan percaya bahwa Tuhan telah mengaruniakan keselamatan kepada kita di dalam Kristus Yesus Tuhan, maka kita pun mengakui bahwa tidak ada pribadi lain yang lebih berkuasa dan berdaulat selain Allah kita. Tidak dapat disangkal, jika Allah mengasihi kita merupakan bagian dari kuasa dan kedaulatanNya. Kita dikaruniakan iman untuk percaya kepada Tuhan Yesus supaya kita percaya bahwa Allah berkuasa dan berdaulat atas kehidupan kita. Kuasa dan kedaulatan Allah, haruslah menjadikan kita orang-orang yang mengasihiNya dan senantiasa mengandalkanNya. Amin

Leave a Reply