Keberhasilan Hidup Dalam Tuhan

  • Post category:Renungan
  • Post published:March 1, 2021
You are currently viewing Keberhasilan Hidup Dalam Tuhan
Pembacaan Alkitab 2 Samuel 5:17-25

Semua orang menginginkan keberhasilan dalam hidup, keberhasilan tidak akan diraih dengan berpangku tangan, tetapi keberhasilan akan diraih dengan perjuangan hidup. Untuk mencapai keberhasilan hidup dibutuhkan usaha.

Dalam pembacaan kita saat ini menceritakan tentang bagaimana Tuhan berperan sebagai alhi strategi yang luar biasa bagi Daud. Saat itu Daud diurapi menjadi raja di Israel. Mendengar hal itu bangsa Filistin tidak senang sehingga memutuskan untuk maju menangkap Daud. Alkitab menggunakan kata “majulah” untuk menggambarkan bahwa pada saat itu orang Filistin mengerahkan seluruh tentara dan pasukannya untuk mengepung dan menangkap Daud (17a).

Daud yang baru diurapi menjadi raja Israel dengan kekuasaan dan kewenangannya bisa saja terpancing untuk mengerahkan seluruh rakyat Israel untuk melawan mereka. Akan tetapi Alkitab mengatakan bahwa Daud pergi ke kubu pertahanan, ia mengambil posisi pertahanan di Yerusalem (17b). Akan tetapi orang Filistin mengerahkan seluruh pasukannya dan memencar dilembah refaim (18), mencoba untuk mengepung Daud dan mencegah Daud mengumpulkan bala bantuan dari suku-suku Israel lainnya. Saat itu Daud terkepung, dengan posisinya sebagai raja, bisa saja Ia meminta nasihat kepada para penasihat yang dimilikinya. Akan tetapi Daud lebih memilih untuk bertanya kepada penasihat diatas segala penasihat (19). Dan Tuhan meminta Daud untuk maju karena Tuhan akan menyerahkan orang Filistin kedalam tangan Daud.

Tuhan memberikan kemenangan kepada Daud dengan strategi yang mungkin tidak pernah diduga orang Filistin sebelumnya (21). Orang Filistin kembali berencana untuk menyerang dan bersiap-siap dilembah Refaim (22). Mereka telah mengantisipasi apabila Daud menyerang seperti sebelumnya. Akan tetapi sebelum melakukan sesuatu Daud kembali bertanya kepada Tuhan dan Tuhan ingin Daud menggunakan strategi yang berbeda (23), dengan cara meberi isyarat (24).

 Hal ini karena Daud bertanya kepada Tuhan, ia memiliki komunikasi yang baik dengan Tuhan. Kemenangan awal yang diraih Daud tidak membuat Ia menjadi sombong tetapi kemenangan itu membuat Daud semakin sadar akan pimpinan Tuhan dalam hidupnya.  Kemenangan Daud tidak lepas dari ketaatannya melakukan apa kata Tuhan, bukan hanya sekedar bertanya kepada Tuhan tetapi Daud juga melakukan apa kata Tuhan.

Untuk meraih sebuah keberhasilan hidup maka kita harus memiliki komunikasi yang baik dengan Tuhan lewat doa, bertanya dan meminta kepada Tuhan sambil dengan penuh ketaatan melakukan perintah Tuhan. Amin

Leave a Reply