Dapat Dipercaya

  • Post category:Renungan
  • Post published:February 17, 2023
You are currently viewing Dapat Dipercaya

Amsal 11:3

Sikap jujur adalah suatu nilai hidup yang membuat seseorang menjadi berkualitas. Ini berarti kejujuran merupakan sikap yang perlu dimiliki oleh seseorang yang hendak menjadikan hidupnya berkualitas. Kita sebagai pengikut Kristus tentu saja perlu memiliki sikap jujur dalam melaksanakan tanggungjawab kita baik sebagai anggota keluarga, karyawan atau pegawai, pelayan gereja atau dalam setiap profesi kita.

Sikap jujur adalah jalan agar kita menjadi pribadi atau seseorang yang dapat dipercaya. Dapat dipercaya merupakan modal bagi kita untuk mengembangkan karakter yang baik dan bisa diandalkan. Dengan kejujuran, kita juga membuka peluang kesuksesan sebab seorang yang berperilaku jujur pasti memiliki prinsip dalam hidupnya untuk terus melakukan kebaikan termasuk kebaikan bagi diri sendiri.

Kejujuran memang membuat kita dapat dipercaya oleh banyak orang sehingga sikap jujur pun menghindarkan kita dari cara-cara orang yang hendak menjatuhkan kita dengan fitnah. Sebab rasa percaya orang lain terhadap kejujuran kita tidak akan mudah dipengaruhi oleh berita atau kisah bohong yang diceritakan oleh seseorang yang ingin menjatuhkan kita.

Alkitab dalam amsal 11:3 mengajar kita bahwa seseorang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya. Rupanya kejujuran sangat berkaitan dengan dorongan hati untuk melakukan kebaikan. Sebab ketulusan selalu bersumber dari hati yang baik. Sebagai orang Kristen harusnya kita dapat menumbuhkan dan mengembangkan pribadi yang dapat dipercaya. Namun celakanya dewasa ini banyak orang Kristen yang tidak dapat dipercaya, pembohong, bahkan tidak jarang kita temukan orang yang menyebut dirinya Kristen tapi menjadi penebar fitnah. Kita harus hidup menyenangkan Tuhan dan salah satu cara kita hidup menyenangkan Tuhan adalah menjadi pribadi Kristen yang dapat dipercaya. Dipercaya oleh keluarga, rekan atau sahabat dan pimpinan dimana kita bekerja. Dan yang penting juga adalah; jika kita sebagai orang tua ajarkan anak-anak kita untuk jujur agar mereka dapat bertumbuh dengan nilai-nilai hidup yang baik sehingga anak-anak kita menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Amin

Leave a Reply