Keuntungan Dari Rasa Peduli

  • Post category:Renungan
  • Post published:September 26, 2023
You are currently viewing Keuntungan Dari Rasa Peduli

Filipi 4:17

Kepedulian merupakan sikap positif yang tentu saja harus dimiliki oleh setiap orang Kristen, sebab kepedulian atau sikap peduli adalah salah satu wujud nyata dari rasa Kasih terhadap sesama dan kita tahu bahwa kita diajarkan untuk mengasihi sesama seperti halnya kita mengasihi diri sendiri (bnd. Mat. 22:39).

Masalahnya kita melihat kenyataannya banyak orang Kristen mulai kehilangan sikap ini. Hal ini terlihat bagaimana dalam persekutuan jemaat terjadi pertikaian, dalam keluarga kristen terjadi keretakan, orang tua mengabaikan anak dan sebaliknya anak tidak lagi peduli dengan orangtuanya, adanya persaingan yang tidak sehat dalam pekerjaan bahkan dalam pelayanan gereja. Semua hal ini menandakan hilangnya sikap peduli.

Berkaitan dengan sikap peduli ini, kita bisa belajar dari jemaat di Filipi. Jemaat Kristen di Filipi adalah salah satu dari beberapa jemaat Kristen yang menunjukan rasa pedulinya terhadap rasul Paulus hal ini terlihat dalam pengakuan rasul Paulus bahwa jemaat ini telah memberikan bantuan kepadanya (ay. 16). Namun menariknya bagi rasul Paulus yang paling utama bukan pemberiannya melainkan buah dari pemberian tersebut.

Baca Juga: Damai Sejahtera dari Tuhan

Hal ini mempertegas bukan tentang apa yang diberikan manakala bantuan diberikan melainkan suatu hal yang mendasari bantuan tersebut. Oleh sebab itu secara tidak langsung Paulus hendak menyampaikan bahwa pemberian bantuan haruslah dilandasi oleh ketulusan hati. Dan hal inilah yang dilakukan oleh jemaat Filipi, bahwa pemberian mereka berbuah untuk keuntungan atau kebaikan jemaat Filipi sendiri (ay. 17).

Dari sini kita menemukan bahwa tidak ada ruginya jika kita selalu menunjukkan rasa peduli kita. Namun harus juga diingat kepeduliaan yang hendak kita lakukan jangan didasari pada pencarian pengakuan orang terhadap kita, melainkan harus benar benar didasari oleh hati yang murni dan tulus untuk membantu. Sebab pemberian kita sebagai bentuk rasa peduli tidak akan ada maknanya atau buahnya jika pemberian tersebut adalah untuk pamer atau mencari sanjungan.

Maka, marilah kita saling peduli, saling memberi bantuan kepada saudara saudara yang memerlukan bantuan kita. Jaga persektuan kita selaku orang percaya teruslah berbuat baik untuk kemuliaan Tuhan kita. Pemberian kita ataupun rasa peduli kita pasti akan membawa keuntungan bagi kita sebab pasti tidak akan sia sia pemberian kita asalkan dengan tulus kita peduli. Amin

Leave a Reply